7 Tips Sukses Hari Pertama Kerja di Kantor Baru

04 August 2021
7 Tips Sukses Hari Pertama Kerja di Kantor Baru

7 Tips Sukses Hari Pertama Kerja di Kantor Baru

 

Hari pertama kerja sama pentingnya dengan hari interview.

Inilah hari yang akan memberikan kesan mengenai dirimu pada teman-teman di kantor baru.

Pastinya kamu tidak ingin memberikan kesan yang buruk di hari pertama kerja, bukan?

Oleh sebab itu, persiapkan hari tersebut dengan sebaik mungkin. Tidur yang cukup dan pastikan tubuh dalam keadaan sehat.

Lalu, bersiaplah untuk menyambut hari pertama kerja di kantor baru!

Apa saja yang harus kamu lakukan untuk hari pertama di kantor baru? Berikut tujuh tipsnya.

  1. Tidak Datang Terlambat

Berikan kesan yang baik mengenai dirimu dengan datang lebih awal dari jam masuk kerja.

Sebisa mungkin usahakan kamu tidak terlambat. Jika tidak bisa datang lebih awal, usahakan untuk tiba di kantor tepat waktu.

Untuk memastikan tidak terlambat, bangun lebih pagi dan berangkat lebih cepat.

Karena perjalanan dari rumah ke kantor seringkali ada kejadian tidak terduga, berangkat lebih awal bisa memberi lebih banyak waktu jika ada kejadian yang tidak diinginkan.

Datang telat atau tidak akan memberikan kesan pertama untukmu.

Inilah penilaian pertama yang atasan dan pihak HRD berikan.

Jadi, jangan sampai kamu terlihat buruk dengan datang terlambat daripada karyawan lain.

  1. Berpakaian Rapi

Karena kamu karyawan baru dan belum sepenuhnya tahu cara berpakaian karyawan lain, tampil rapi merupakan pilihan terbaik.

Pakai pakaian yang sopan dan pilih warna baju yang tidak mencolok. Pastikan pakaianmu bersih dan tidak lecek.

Dengan begini, orang-orang akan memberikan penilaian yang baik untuk penampilanmu.

Jika datang tepat waktu dengan penampilan yang baik, kamu sudah memulai hari pertama kerja dengan sempurna!

  1. Bersikap Ramah dan Sopan

Berikutnya yang harus diperhatikan ialah sikap terhadap karyawan lain.

Usahakan untuk banyak tersenyum pada orang baru yang ditemui.

Ingat nama mereka dan jangan ragu untuk memperkenalkan dirimu sendiri jika bertemu karyawan lain di meja kerja atau pantry.

Bersikap ramah dan sopan merupakan salah satu cara agar kamu bisa segera berteman dengan karyawan lain.

Selain itu, banyak tersenyum bisa kamu gunakan untuk mengakali situasi canggung saat berkenalan dengan karyawan lain.

Asalkan kamu tetap mempertahankan sikap positif, hari pertama kerjamu akan berjalan dengan lancar.

  1. Banyak Mencatat

Kantor baru, pekerjaan baru, berarti ada banyak pelajaran atau kebiasaan baru yang harus diketahui.

Untuk membantu mengingat pekerjaan atau keadaan kantor, kamu bisa mencatatnya.

Selain mencatat pekerjaan, pekerjaan menulis ini bisa membantu menyibukkan dirimu di hari pertama kerja karena biasanya di hari pertama tidak banyak pekerjaan yang bisa dilakukan.

  1. Ikut Makan Siang Bersama

Ikut makan siang bersama merupakan cara lain untuk bersosialisasi dengan teman-teman baru di kantor tersebut.

Selain dapat mengenal lebih banyak orang, suasana makan siang yang lebih cair dan tidak formal membantumu mengenal situasi kerja dan karyawan lain dengan lebih personal.

Kamu juga bisa berbagi cerita mengenai hobi dan bahan obrolan ringan lainnya untuk bisa lebih akrab dengan mereka.

  1. Hindari Urusan Pribadi Saat Jam Kerja

Untuk memberikan kesan yang lebih baik, usahakan untuk tidak sibuk dengan ponsel di hari pertama kerja.

Meskipun tidak banyak pekerjaan, hindari mengurus urusan pribadi, seperti mengobrol dengan teman dengan telepon atau melakukan pekerjaan sampingan.

Sibukan diri dengan mempelajari tanggung jawab dan alur pekerjaanmu di kantor tersebut.

Kamu bisa membaca website atau data perusahaan lain untuk menambah pengetahuan mengenai kantor baru.

  1. Pulang Bersama Karyawan Lain

Di hari pertama, usahakan untuk pulang tidak terlalu cepat meskipun kamu tidak banyak pekerjaan dan jam kerja pun sudah selesai.

Tunggulah karyawan lain dan keluar kantor bersama mereka.

Keuntungan pulang bersama, kamu bisa menghindari situasi canggung ketika keluar kantor sendiri sementara yang lain masih di meja kerja mereka.

Selain itu, kamu juga bisa lebih cepat mendapat teman jika ada karyawan lain yang rumahnya searah dengan rumahmu.