Tips dan Trik Aman Berselancar di Internet

05 September 2022
Tips dan Trik Aman Berselancar di Internet


Liputan6.com, Bandung - Saat ini, internet telah menjadi bagian dari kebutuhan dasar seluruh umat manusia. Kehadiran internet membuat dunia seolah berada dalam satu genggaman.

Internet memiliki dampak positif dalam meningkatkan konektivitas, namun penyalahgunaan internet juga dapat menimbulkan dampak negatif.

Salah satu dari dampak negatif itu adalah kebocoran data privasi dengan risiko terjadinya penyalahgunaan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab.

Lalu bagaimana cara agar tetap aman dalam menggunakan internet? Berikut tips dan triknya.


1. Kunjungi Situs Terpercaya dengan Menggunaka Jaringan Terpercaya

Jangan sembarangan menggunakan wifi di tempat umum. Selain itu juga saat mengunjungi situs di sebuah website, pastikan ada https-nya yang menandakan situs tersebut aman.


2. Gunakan Media Sosial dan Email Secara Bijak

Pastikan jangan pernah menyebarkan data atau informasi yang bersifat pribadi di media sosial seperti alamat rumah, nomor telepon, dan lain sebagainya. Selain itu, jangan pernah membuka email dari orang lain yang tidak dikenal karena berpotensi untuk menyebarkan malware.


3. Gunakan Password yang Aman

Password yang baik adalah kombinasi dari huruf dan angka, selain itu juga masukkan beberapa huruf kapital dalam password Anda. Hindari menggunakan password menggunakan nama istri, tanggal lahir, atau password yang mudah ditebak seperti 54321, 12345, dan sebagainya.


4. Autentikasi Dua Faktor

Gunakan autentikasi dua faktor bila memungkinkan. Sistem keamanan ini sudah digunakan oleh hampir seluruh layanan berbasis internet yang bersifat sensitif, Khususnya perbankan online. Tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak memanfaatkan sistem keamanan ini.