Ketahui 4 Cara Mengatasi Inflasi agar Bisnis Tetap Lancar

28 September 2022
Ketahui 4 Cara Mengatasi Inflasi agar Bisnis Tetap Lancar


Semua bisnis perlu punya persiapan dalam menghadapi inflasi. Apalagi kondisi perekonomian negara kita sering mengalami inflasi.

Berikut sejumlah cara mengatasi inflasi bagi para pebisnis. Hal ini perlu diketahui agar bisnis tetap lancar.

1. Fokus pada Efisiensi dan Produktivitas

Inflasi menyebabkan upah atau gaji untuk karyawan meningkat. Pemerintah daerah secara berkala menaikkan upah minimun melalui peraturan, untuk menjaga daya beli masyarakat.

Memiliki rencana bisnis yang jelas dan berfokus pada melakukan efisiensi produksi, merupakan cara bagus untuk menekan biaya. Misalnya, kamu bisa mendigitalisasi berbagai proses bisnis yang tadinya dilakukan secara manual.

2. Otomatisasi

Bicara soal efisiensi proses bisnis, otomatisasi merupakan proses yang sangat membantu. Bisnis kecil pun dapat melakukan hal ini, karena kini banyak aplikasi yang dapat membantumu mengotomatiskan tugas yang berulang.

Mulai dari pembukuan dasar, layanan klien, pemasaran, dan masih banyak lagi. Misalnya, sistem ERP dapat menyederhanakan proyeksi laba sehingga mempersiapkan perusahaan untuk inflasi.

3. Fokus pada Arus Kas

Arus kas merupakan salah satu faktor utama yang harus diperhatikan oleh bisnis, apalagi saat terjadi inflasi. Saat bisnis sedang turun, ada kecenderungan untuk mengabaikan hal-hal tertentu, seperti pembayaran dan penagihan.

Pastikan kamu menyimpan bukti pembayaran tagihan. Gunakan laporan keuangan untuk melihat apa yang belum dibayar, lalu menindaklanjuti invoice yang belum dibayar agar bisnismu tetap berjalan.

4. Menyimpan Persediaan Sebelum Efek Inflasi Terjadi

Memang sulit untuk memperkirakan kenaikan harga akibat inflasi, karena tandan atau ancang-ancangnya tidak selalu jelas. Inflasi dapat terjadi secara cepat dan dalam hitungan bulan, tergantung dari keadaan ekonominya. Salah satu cara untuk tetap selangkah lebih maju dari inflasi, yaitu menyimpan persediaan bahan baku sebelum harga dari pemasok naik. Namun, berhati-hatilah agar tidak menghabiskan cadangan uang tunai saat melakukan pembelian.


Demikian beragam cara mengatasi inflasi yang bisa diterapkan oleh bisnis. Semoga bermanfaat!