Ketahui 7 Ciri KTA Disetujui

07 November 2022
Ketahui 7 Ciri KTA Disetujui

Sudah mengajukan KTA, tetapi tidak tahu ciri-ciri KTA disetujui? Hal ini sering terjadi pada orang-orang yang baru pertama kali mengajukan KTA. Tenang saja karena Anda tidak sendirian.

Sangat wajar jika Anda tidak mengetahui apakah pengajuan akan ditolak atau disetujui. Ada banyak orang yang bahkan sangat khawatir mengenai pengajuan pinjaman yang akan ditolak. 

Mereka takut menghadapi hari-hari ke depan karena tidak bisa membayar biaya cukup besar yang perlu segera dibayarkan. Jika Anda adalah orangnya, ucapkanlah selamat tinggal pada rasa takut akan pengajuan yang tidak disetujui.

Pada artikel ini kami akan memberitahukan ciri-ciri dari pengajuan yang disetujui. Yuk simak informasinya di bawah ini. 


Ciri-ciri KTA Disetujui

Mengetahui pengajuan Anda disetujui atau tidak sebenarnya mudah saja. Apabila semua syarat dan ketentuan sudah terpenuhi, maka kemungkinan besar pengajuan Anda akan disetujui. Informasi berikut akan menjelaskan kepada Anda apa saja ciri-ciri umum yang menjadi faktor KTA akan disetujui. Perlu diingat bahwa ini hanyalah ciri-ciri umum dan tidak bisa dijadikan standar karena setiap bank memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. 


1. Sudah Cukup Umur

Setiap bank memiliki standar usia yang ditetapkan untuk melakukan pengajuan. Biasanya peminjam yang ingin mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) harus berusia setidaknya 18 tahun dan maksimal 55 tahun. Ada juga bank yang bahkan memperbolehkan seseorang untuk melakukan pinjaman hingga usia 60 tahun. 

Alasan usia termasuk ciri yang penting, karena seseorang yang berusia di bawah 18 tahun dianggap belum dewasa dan tidak bisa mempertanggungjawabkan tindakan yang dibuat.

Usia 18 tahun adalah usia di mana seseorang sudah mampu mengambil keputusan dan mampu menimbang-nimbang tindakan yang akan dilakukan.

Usia 60 tahun sendiri dipilih berdasarkan alasan bahwa seseorang pada usia tersebut masih memiliki pekerjaan dan bisa membayar pinjaman yang diajukan. 


2.Memiliki Penghasilan Bulanan

KTA atau Kredit Tanpa Agunan tidak membutuhkan aset-aset sebagai jaminan, hanya saja Anda perlu memiliki penghasilan bulanan yang tetap. Memiliki penghasilan bulanan yang tetap menandakan bahwa seseorang perlu memiliki pekerjaan. 

Syarat ini merupakan syarat yang penting bagi pihak bank untuk menilai bahwa Anda memiliki kemampuan untuk mengembalikan pinjaman yang diajukan.

Pihak bank akan meminta Anda untuk menunjukkan slip gaji dan surat keterangan kerja dari perusahaan. Kedua dokumen inilah yang nantinya akan menentukan apakah pengajuan KTA Anda akan ditolak atau disetujui. 


3.Mengajukan Nominal Pinjaman yang Sesuai

Pinjaman yang diajukan hanya akan disetujui ketika nominal yang Anda ajukan sesuai dengan kemampuan dalam membayar.

Bagaimana cara bank mengetahui kemampuan nasabah? Pihak bank biasanya akan menilai seseorang dari slip gaji yang diberikan kepada bank. 

Jika Anda didapati tidak memiliki kemampuan membayar dengan penghasilan yang ada, maka pengajuan akan ditolak. Sebagai tambahan, untuk mengajukan pinjaman yang sangat besar, Anda akan diminta untuk menyerahkan NPWP. Dari slip gaji dan NPWP inilah pihak bank akan menentukan apakah Anda layak untuk menerima pinjaman. 


4.Telah Menyediakan Dokumen yang Lengkap

Memberikan dokumen-dokumen yang lengkap merupakan sebuah keharusan. Syarat dan ketentuan kelengkapan dokumen di setiap bank berbeda-beda. Tetapi biasanya Anda akan diminta untuk memberikan dokumen yang berisi informasi pribadi.

Beberapa dokumen penting yang harus Anda berikan sudah sempat disebutkan, yaitu slip gaji, NPWP, surat keterangan kerja dan tambahan KTP. 

Jika Anda sudah menyiapkan semua dokumen dengan baik, maka kemungkinan besar pengajuan KTA akan disetujui. Selain itu kelengkapan dokumen akan berguna untuk mempercepat proses verifikasi. Sebaliknya dokumen-dokumen yang tidak lengkap hanya akan memperlambat proses persetujuan. 


5.Tidak Memiliki Reputasi Kredit yang Buruk

Ciri lainnya ialah Anda perlu memiliki reputasi kredit yang baik. Reputasi kredit seorang nasabah akan dinilai dari banyaknya pengajuan kredit yang sudah pernah dilakukan.

Seseorang akan diperiksa apakah selama melakukan pinjaman, mereka membayar dengan tepat waktu atau tidak. Seseorang juga akan dinilai dari tujuan melakukan pengajuan pinjaman. 

Jika pinjaman digunakan untuk menutup utang, maka kemungkinan besar pengajuan akan ditolak. Memiliki banyak pinjaman dalam suatu waktu juga akan berpotensi membuat pengajuan ditolak. Reputasi kredit yang baik terlihat dari angsuran kredit sebelumnya yang dibayarkan tepat waktu. 

Saat semua pinjaman dibayar dengan tepat waktu, Anda akan dikenal sebagai orang yang bertanggung jawab dalam menyelesaikan semua kewajiban yang ada. Reputasi seperti inilah yang perlu Anda punya dan jaga baik-baik. 


6. Kepemilikan Kartu Kredit

Kepemilikan kartu kredit ini tidak diwajibkan oleh semua perbankan. Hanya bank tertentu saja yang mewajibkan seorang peminjam untuk memiliki kartu kredit.

Perbankan yang mewajibkan peminjam memiliki kartu kredit biasanya baru dapat mengajukan pinjaman setelah penggunaan kartu kredit selama satu tahun. 


7.Domisili yang Sama

Domisili tempat tinggal Anda harus sesuai dengan domisili bank tempat pengajuan KTA. Memang apa hubungannya domisili dan pengajuan?

Kesamaan dalam domisili akan mempermudah pihak bank untuk mengunjungi Anda ketika ada suatu urusan mendesak. Apabila ada proses pengajuan yang macet, maka pihak bank bisa mengunjungi rumah peminjam dengan mudah. 

Hal ini tidak hanya demi kepentingan pihak bank, tetapi juga demi kepentingan peminjam. Ketika ada pertanyaan atau ada suatu dokumen fisik yang harus diserahkan ke bank, maka Anda bisa datang langsung ke bank.

Apakah Anda memenuhi semua persyaratan yang ada? Terpenuhinya semua syarat yang diberikan oleh bank akan menandakan bahwa pengajuan Kredit Tanpa Agunan Anda akan disetujui.

Penjelasan ciri-ciri KTA disetujui ini seharusnya membuat Anda lebih yakin saat ingin melakukan pengajuan KTA. Ketika semua dokumen sudah dipersiapkan dengan baik dan benar, maka Anda tidak perlu khawatir akan penolakan KTA.