3 Tips Tak Terjebal Pinjol Ilegal

17 January 2023
3 Tips Tak Terjebal Pinjol Ilegal

1. JAGA DATA PRIBADI

Buat kamu yang aktif di sosial media, perlu diperhatikan hal-hal yang berbau privacy, jangan sampai ikut ditampilkan di akun ssosial media walaupun di akun milik sendiri. Misalnya, tidak mengunggah foto identitas diri sembarangan atau tidak mengirimkan via aplikasi chat walaupun untuk suatu keperluan. Agar lebih terjaga, kamu bisa menggunakan aplikasi identitas digital sebagai pelindung data pribadi yang kamu miliki ketika disimpan bahkan ketika dikirimkan kepada pihak yang berkepentingan. Jadi, yang dapat mengakses identitas tersebut hanya orang - orang berkepentingan saja.


2. HAPUS SMS TAWARAN PINJOL

Tawaran pinjol ilegal melalui SMS sangat banyak karena menyasar masyarakat kalangan yang belum teredukasi platform digital yang lebih luas seperti sosial media dan lain-lainnya. Tawaran-tawaran melalui SMs pun kerap menggunakan kalimat manis dan bujukan. Dengan iming-iming pinjaman tanpa agunan dan tanpa persyaratan dokumen lengkap. Membuat siapapun yang belum tahu prosedur resmi pinjaman online akan selalu tergoda dengan tawaran mudah tersebut. Perusahaan pinjaman online berizin di OJK tak akan pernah melakukan penawaran atau berbagai bentuk promosi melalui nomor telepon pribadi atau segala jenis akun sosial media pribadi. Perusahaan resmi mempunyaii aplikasi tersendiri dan sudah terdaftar di OJK. Maka dari itu, jika ada penawaran pinjol ilegal via SMs sebaiknya abaikan dan hapus. Agar tidak tergoda untuk meneruskan transaksi karena bujukan melalui narasinya.


3. CEK LEGALITAS PINJOL& GUNAKAN APP RESMI

Jika kamu ingin memperoleh keamanan dalam bertransaksi, mulai biasakan cek profil perusahaan pinjol melalui berbagai sumber. Bisa dengan mengecek melalui website nya apakah resmi dan mempunyai platform sosial media yang aktif.? Terpenting lagi, cek apakah perusahaan tersebut terdaftar atau tidak di OJK. Untuk mengetahui aplikasi fintech yang legal, silakan cek melalui www.cekfintech.id demi keamanan dan kenyamanan bertransaksi.